Beranda » FinTech » BRI » Kode Bank BRI Syariah, untuk Transfer Lintas Bank

Kode Bank BRI Syariah, untuk Transfer Lintas Bank

Pada suatu waktu Anda diminta transfer ke saudara dengan rekening BRI Syariah. Sedangkan rekening milik Anda adalah Mandiri. Sebelum ke ATM, lebih baik pastikan dulu Anda sudah mengetahui apa kode Bank BRI Syariah.

Berapa kode Bank BRI Syariah?

Advertisements

Jadi, kode Bank BRI Syariah adalah 422.

Sebagai informasi, per 1 Februari 2021 PT Bank BRISyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri Tbk, dan PT Bank BNI Syariah sudah merger. Identitas ketiga bank tersebut berganti jadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

Meski begitu, kode bank eks BRI Syariah masih tetap sama, yakni 422.

Cara Transfer Lintas Bank ke BRI Syariah

Advertisements

Saking banyaknya jenis bank yang beroperasi di Indonesia, transaksi lintas bank akan jadi suatu keniscayaan. Pasti ada satu waktu ketika Anda harus transfer ke bank lain. Misalnya ketika Anda membeli barang secara online, patungan untuk kondangan ke kawan, donasi, dll.

Anda bisa saja mengirim uang melalui teller bank terkait. Tapi hal itu sangatlah tidak efektif. Anda harus jalan jauh dulu ke bank, belum lagi antrinya.

Maka dari itu, supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan panduan untuk Anda. Contoh kasusnya adalah, Anda menggunakan rekening Mandiri, dengan tujuan rekening BRI Syariah.

Mengakses ATM

  1. Pertama-tama, Anda bisa ke ATM terdekat. Mandiri tergabung dalam jaringan ATM bersama, jadi Anda bisa menggunakan mesin ATM dari bank lain sekalipun.
  2. Jangan lupa membawa kartu ATM milik Anda dan nomor rekening tujuan. Pastikan nomor rekening tujuan sudah benar. Jika ada satu angka saja yang salah, transaksi tidak akan bisa berjalan.
  3. Sesampainya di mesin ATM, langsung masukan kartu ATM Anda. Pastikan posisinya tidak terbalik. Lihat saja sticker panduan di dekat lubang kartu ATM.
  4. Biasanya Anda akan diminta memilih bahasa, antara Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Pilih Bahasa Indonesia.
  5. Setelah itu, masukan pin ATM Anda. Pastikan pin tersebut benar. Jika Anda sampai salah input sebanyak tiga kali, kartu ATM Anda akan terblokir.

Melakukan Transaksi

  1. Di halaman pertama, biasanya akan muncul beberapa pilihan. Kamu bisa memilih opsi “Transaksi Lainnya”.
  2. Setelah itu akan muncul menu-menu baru. Pilih opsi “Transfer”.
  3. Selanjutnya menu baru akan muncul lagi, Anda bisa memilih menu “Antar Bank Online”.
  4. Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta memasukan nomor rekening. Tapi sebelum memasukan nomor rekening tujuan, masukan dulu kode bank tujuan. Dalam hal ini adalah kode bank BRI Syariah, yaitu 422.
    Contohnya: 4223324567845
    Langsung tuliskan saja secara menyambung.
    Setelah selesai klik “Benar”.
  5. Anda juga bisa melihat kode bank lain di menu “Daftar Kode Bank”.
  6. Selanjutnya, Anda bisa memasukan nomor referensi. Ini opsional sebenarnya. Klik “Benar” setelah Anda mengisinya.
  7. Setelah itu, Anda harus menuliskan jumlah nominal yang akan Anda transfer. Lalu, klik “Benar” setelah Anda memasukan nominalnya.
  8. Mesin ATM akan menunjukan informasi untuk mengkonfirmasi transaksi. Di situ akan tampil nomor rekening tujuan, nama bank, nama pemilik rekening, dan nominal yang Anda transfer. Jika informasinya sudah tepat, klik “Ya”.
  9. Tunggu hingga proses transaksi selesai. Setelah selesai, struk bukti transaksi akan keluar. Simpan struk itu, nanti bisa Anda foto dan kirimkan ke orang yang Anda transfer.
  10. Setelah selesai, tekan Cancel di keyboard hingga kartu ATM Anda keluar. Jangan sampai lupa untuk mengambil kartu ATM tersebut.

Mengenal Kode Transfer Bank

Advertisements

Kode transfer bank adalah 3 digit angka yang mengidentifikasi suatu bank. Baik bank swasta maupun bank pemerintah pasti memiliki kode bank.

Jika Anda mentransfer ke rekening yang sama, misalnya ke sesama BRI Syariah, Anda tidak memerlukan kode bank.

Anda bisa langsung mengisikan nomor rekening tujuan dan jumlah nominal yang akan Anda transfer.

Kode bank itu hanya Anda butuhkan ketika melakukan transaksi transfer lintas bank. Misalnya Anda transfer dari BCA ke BRI Syariah.

Ketika ingin transfer antar bank, Anda harus memasukan kode bank tujuan diikuti nomor rekening tujuan.

Jika tujuannya BRI Syariah, Anda harus tahu kode transfer ke bank BRI Syariah. Jika tujuannya BCA, Anda harus tahu kode bank BCA. Begitu pun dengan bank-bank lainnya.

Untuk transaksi melalui ATM dan SMS banking hal tersebut sudah pasti.

Namun di beberapa sistem internet banking dan mobile banking, Anda bisa langsung memilih nama bank tujuan. Jadi Anda tidak harus mengisikan kode bank secara manual.

Di mana informasi mengenai kode bank ini?

Sebenarnya Anda bisa melihat daftar kode bank di Indonesia dari mesin ATM.

Pada saat Anda memilih opsi transfer lintas bank di mesin ATM, biasanya akan ada opsi “Daftar Kode Bank” di halaman untuk memasukan nomor rekening.

Tapi daftar tersebut sangatlah banyak. Anda harus memeriksanya satu per satu untuk tahu kode transfer bank yang tepat.

Adanya artikel ini adalah untuk memberi informasi pada Anda secara singkat.

Apa Fungsi Kode Bank?

Advertisements

Mengapa harus menggunakan kode bank? Kenapa tidak bisa langsung? Jawaban singkatnya yaitu, “sudah ketentuannya seperti itu”. Tapi tentu saja ada jawaban yang lebih jelas mengenai hal ini. Adapun fungsi kode bank yaitu:

Identifikasi Transaksi

Setiap bank memiliki sistem yang berbeda-beda. Meski ada sistem yang memungkinkan terjadinya transaksi lintas bank, tapi harus ada kode tertentu untuk mengidentifikasi suatu transaksi secara pasti.

Jadi bank dari pihak pengirim bisa mengarahkan transaksi ke sistem yang sesuai. Dalam hal ini rekening bank tujuan.

Dengan kejelasan identifikasi transaksi, pihak bank terkait (baik pengirim maupun penerima) bisa menjalankan hak dan kewajibannya sesuai mekanisme transaksi lintas bank.

Identitas Bank

Setiap bank memiliki kode bank berbeda tentu saja untuk membedakan identitas masing-masing bank.

Identitas yang jelas akan memastikan transaksi menuju sistem yang tepat.

Pemberian kode sebagai identitas bank tentu saja tidak sembarangan. Kodenya juga bukan dipilih sendiri oleh pihak bank.

Lembaga yang mengatur hal tersebut yaitu OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Kesimpulan

Advertisements

Anda yang ingin transfer lintas bank dengan rekening tujuan BRI Syariah, gunakan kode bank 422. Ingat, kode bank tersebut Anda butuhkan jika tujuannya BRI Syariah. Jadi bukannya BRI Syariah yang jadi rekening Anda. Transaksi lintas bank membutuhkan kode bank jika Anda melakukannya di ATM atau SMS Banking.

Semoga artikel ini bisa menginformasikan secara ringkas tentang kode Bank BRI Syariah. Selain itu, ulasan pendukung mengenai kode bank dan cara transfer lintas bank semoga jadi informasi bermanfaat.