Cek Legalitas IMEI Smartphone

Cek-Legalitas-IMEI-Smartphone
Cek IMEI Smartphone

Cek Legalitas IMEI Smartphone – Pada tanggal 18 April 2020 Pemerintah Indonesia mengumumkan ketegasannya untuk memerangi barang barang ilegal yang masuk ke Indonesia atau istilahnya adalah barang BM (Black Market), terutama smartphone. Ya, mulai tanggal tersebut jika kamu membeli smartphone BM, dan IMEI dari smartphone tersebut tidak terdaftar di database milik pemerintah, smartphonemu akan diblok dari layanan jaringan yang ada di Indonesia.

Apa saja dampak yang akan terjadi jika smartphone kalian diblok IMEI-nya? Yaitu, tidak bisa melakukan panggilan masuk maupun keluar. Tidak dapat meneremia sinyal dari seluruh operator. Dan tidak dapat menggunakan fitur SMS adalah beberapa dari dampak pemblokiran tersebut.

Jika kalian berencana membeli smartphone baru, atau mmasih ragu ragu akan legalitas dari smartphone kalian, maka ada baiknya kalian membaca cara dan langkah-langkah untuk mengecek legalitas dari smartphone kalian. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Cek Legalitas IMEI Smartphone

  1. Buka website https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Masukkan nomor IMEI smartphone ke input pencarian.
  3. Untuk dapat mengetahui IMEI dari smartphone kamu dapat menelepon ke *#06#. Cara lain adalah mengecek di kotak smartphone atau di sticker yang biasanya tertempel di belakang smartphone baru.
  4. Tekan tombol dengan lambang kaca pembesar.
  5. Muncul pemberitahuan tentang status IMEI tersebut. Jika IMEI terdaftar akan muncul pesan ‘IMEI terdaftar di database Kemenperin’ jika tidak akan muncul ‘IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin’.

Terus bagaimana jika kalian sudah terlanjur untuk membeli smartphone black market atau tidak legal? Tenang saja menurut peraturan yang dirilis oleh kemenperin, smartphone yang sudah masuk ke Indonesia sebelum tanggal 17 Agustus 2019 akan diberikan pemutihan atau bisa dibilang dikecualikan dari aturan pemblokiran IMEI tersebut.

Dan bagaimana jika kita terlanjur membeli smartphone yang telah diblokir? Anda dapat terlebih dahulu membayarkan bea atau pajak masuk handphone tersebut yang kemudian IMEI akan dimasukkan ke database yang ada di Kemenperin.

Sangat mudah bukan? Jadi mulai saat ini jangan lupa untuk selalu mengecek IMEI smartphone yang akan kalian beli, baik baru maupun bekas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Untuk kalian yang ingin mengisi waktu luang, kami sarankan untuk bermain game seru yaitu Brain Out. Jika kalian kesulitan kami punya artikel untuk seluruh petunjuk level game Brain Out disini.

Leave a Comment