Cara Daftar Gmail lewat HP untuk Pemula

Artikel kali ini akan membahas cara daftar Gmail baru lewat hp dan laptop. Kenapa harus Gmail (Akun Google)? Karena hp Android terdapat banyak layanan yang membutuhkan “Akun Google” untuk mengaksesnya. Contoh layanannya adalah Gmail, YouTube, Play Store, Google Drive.

Cara Daftar Email Gmail Baru 2021/2022 lewat HP

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Gmail adalah layanan email gratis dari Google yang wajib dimiliki khususnya bagi pengguna smartphone berbasis Android. Berikut ini adalah cara membuat email Gmail langsung dari HP Anda

  1. Buka Aplikasi Gmail di HP

    Silahkan Anda buka aplikasi Gmail di HP.
    Jika sudah ada akun yang login, klik gambar foto profil di pojok kanan atas, klik tulisan “Tambahkan akun lainnya”, pilih “Google”, klik “Buat akun” > “Untuk diri sendiri”.

  2. Masukkan Data Diri Anda

    Ketikkan nama depan dan nama belakang Anda pada kolom yang tersedia. Klik “Berikutnya”, kemudian masukkan informasi tanggal lahir Anda.

  3. Buat Alamat Email Baru yang Masih Tersedia

    Pada tahap ini, Anda harus memilih alamat email yang akan menjadi milik Anda. Alamat ini harus Anda ingat terus seperti halnya Anda mengingat nomor hp Anda.

  4. Buat Kata Sandi untuk Mengamankan Akun Email

    Kata sandi berfungsi untuk mengamankan alamat email agar tidak ada orang lain yang mengakses inbox Anda. Catat dan ingat baik-baik kata sandi yang sudah Anda buat. Jika sampai lupa, maka Anda akan kehilangan akses menuju alamat email Anda.

  5. Setujui Persyaratan dari Google

    Sebelum ke halaman persetujuan, ada opsi untuk memasukkan nomor telepon dan juga halaman untuk meninjau akun yang suah Anda buat. ikuti saja alurnya hingga Anda menemui halaman persyaratan dan persetujuan.

Cara Mengganti Foto Profil Akun Google

  1. Buka link https://myaccount.google.com/.
  2. Login menggunakan akun Gmail yang baru saja Anda buat.
  3. Kemudian masuk ke menu “Personal Info”.
  4. Klik ikon kamera di foto profil Gmail, kemudian pilih foto profil baru yang Anda inginkan.

Mengganti foto profil Gmail akan mengganti semua foto di layanan akun Google. Ini berarti, foto profil YouTube anda juga akan ikut berubah. Karena, satu akun Google terhubung dengan semua layanan Google seperti YouTube, Gmail, Blogger dan lain-lain.

Cara Mengamankan Akun Google Anda

Mengamankan akun Google adalah hal pertama yang harus benar-benar Anda perhatikan. Karena jika sudah terlambat, resiko kehilangan akun, akun hilang dan resiko-terisko buruk lainnya akan sulit bahkan tidak mungkin untuk mengatasinya. Jika Anda ingin mengamankan akun Gmail, YouTube, AdSense, Blogger dan layanan Google lainnya, yang perlu Anda setting hanyalah akun Google saja.

  1. Buka https://myaccount.google.com/security, kemudian login menggunakan akun Google yang akan Anda setel verifikasinya. Jika sudah login sebelumnya, pastikan akunnya sudah benar. Tap ikon profil di pojok kanan atas untuk mengganti akun.
  2. Masuk ke tab “Keamanan”, scroll layar ke bawah, pada bagian “Perangkat Anda”, pilih “Kelola perangkat”.
  3. Jika terdapat lebih dari satu perangkat (hp, laptop), logout semua perangkat hingga menyisakan satu perangkat saja yg sedang Anda gunakan, kemudian tap tombol panah untuk kembali ke menu utama.
  4. Kembali ke tab “Keamanan”, pilih “Verifikasi 2 langkah”. Pilih Chrome untuk membuka link tersebut, kemudian login menggunakan akun yang akan Anda setel verifikasinya.
  5. Akan terbuka halaman untuk pengaturan verifikasi 2 langkah, scroll ke bawah, pilih “MULAI”, kemudian login ulang dengan sandi akun tersebut.
  6. Di halaman selanjutnya, terdapat informasi perangkat yang akan Anda gunakan sebagai metode verifikasi. Scroll ke bawah, tap tombol “COBA SEKARANG”.
  7. Setelah menekan tombol coba, akan muncul jendela verifikasi pada hp Anda. Pilih iya.
  8. Langkah berikutnya adalah menentukan opsi verifikasi cadangan. Anda bisa menggunakan nomor HP atau menggunakan kode unik yang harus Anda catat. Silahkan pilih senyaman Anda. Untuk keperluan artikel ini, saya menggunakan nomor hp untuk opsi cadangan. Masukkan nomor hp pada kolom yang tersedia, pilih SMS, kemudian tap tombol “KIRIM”.
  9. Tunggu sms dari Google, masukkan kode yang Google kirimkan melalui sms ke kolom yang tersedia, kemudian tap tombol “SELANJUTNYA”.
  10. Pilih “AKTIFKAN”. Sekarang akun Anda sudah lebih aman karena menggunakan verifikasi 2 langkah.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

Apakah Wajib Menambahkan Nomor Telepon?

Secara default, Google tidak akan meminta nomor telepon, kecuali perangkat yang digunakan sudah terlalu sering mendaftar Gmail di hari yang sama, menggunakan jaringan internet yang mencurigakan dan beberapa alasan keamanan lain. Silahkan coba HP lain untuk mendaftar jika Google meminta nomor telepon.

Apakah Gmail dan email itu sama?

Sama. Gmail adalah nama merk dari sebuah layanan email gratis dari Google. Jadi ketika Anda buat Gmail, secara otomatis Anda juga telah membuat email.

Apa itu Gmail?

Gmail adalah layanan email gratis dari Google yang harus diakses menggunakan akun Google. Dengan akun Google, kita bisa mendapatkan berbagai macam layanan gratis seperti Gmail, YouTube, Play Store, Drive dan lain-lain.

Bolehkah Memiliki Alamat Email Lebih dari Satu?

Jika yang ditanyakan adalah email Gmail, maka jawabannya boleh. Bahkan di aplikasi Gmail sendiri terdapat fitur “Tambahkan akun” agar user bisa buat akun Google Mail lebih dari satu kali.

Apakah Gmail Bisa Mengirim ke Email Yahoo?

Bisa. Gmail bisa mengirim dan menerima email dari layanan email lainnya, termasuk Yahoo.

Apakah Gmail Bisa diHack?

Bisa jika Anda membuat kata sandi yang terlalu mudah ditebak. Jadi, ganti password Gmail Anda dengan sandi yang susah ditebak. Kemudian jangan pernah memasukkan kata sandi Anda ke website selain Gmail, karena banyak di luaran sana yang mencoba mencuri data email menggunakan metode pishing.

Rezky Nabil Anwari
Hai, saya biasa dipanggil Nabil, blogger yang sedang belajar berinvestasi untuk tabungan masa depan.