Beranda » Email » Daftar Gmail: Cara Buat Email Baru Lewat HP 2021

Daftar Gmail: Cara Buat Email Baru Lewat HP 2021

Artikel kali ini akan membahas cara buat email Gmail baru lewat hp dan laptop. Kenapa harus Gmail (Akun Google)? Karena di dalam hp Android terdapat banyak layanan yang membutuhkan “Akun Google” agar bisa diakses. Contoh layanan yang bisa diakses dengan “Akun Google” adalah Gmail, YouTube, Play Store, Google Drive.

Panduan Buat Email dari HP Langsung Jadi dengan Petunjuk Gambar

Advertisements

Berikut adalah langkah-langkah buat email baru lewat hp yang bisa Anda ikuti dengan mudah:

  1. Buka halaman daftar akun Google > accounts.google.com/signup?hl=id.
  2. Masukkan nama Anda pada kolom “Nama Depan” dan “Nama Belakang”.
  3. Pada kolom “Nama Pengguna”, buat alamat email yang diinginkan. Pastikan alamat email yang anda pilih masih tersedia. Jika tidak tersedia, kombinasikan dengan angka agar lebih unik.
  4. Buat kata sandi di kolom “Sandi” dan “Konfirmasi”. Kedua kolom tersebut harus diisi dengan kata sandi yang sama persis. Penggunaan huruf besar dan kecil harus diperhatikan. Jika semua kolom sudah terisi, klik tombol “Berikutnya”.
  5. Pada langkah berikutnya, ada kemungkinan Google meminta Anda untuk melakukan verifikasi nomor hp. Langkah ini tidak selalu muncul. Jika Anda menjumpai langkah ini, maka masukkan nomor hp Anda pada kolom yang disediakan, kemudian pilih tombol “Berikutnya”. Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms. Masukkan kode verifikasi dari sms ke kolom yang telah disediakan, kemudian tekan tombol “Verifikasi”.
  6. Kolom “Nomor telepon (opsional)” dan “Alamat emai pemulihan” boleh tidak diisi, biarkan saja kosong.
  7. Edit info tanggal lahir dan gender Anda pada kolom yang telah disediakan.
  8. Jika semua sudah benar, klik tombol “Berikutnya”.
  9. Di halaman privasi dan persaratan, klik tombol “Saya setuju”.
  10. Akun Gmail baru Anda sudah berhasil dibuat. Harap ingat baik-baik alamat email dan kata sandi Anda. Catat di buku agar tidak lupa. Keduanya wajib dipakai ketika akan login ke kotak masuk email Gmail.

Cara Menghubungkan Email yang Baru Dibuat ke HP Android

Advertisements
  1. Buka menu “setelan” / “Settings” di hp Anda.
  2. Setelah berhasil masuk ke setelan, pilih menu “Akun” atau menu “Siknron”. Gambar nomor 1 adalah contoh dari rom Android. Gambar nomor 2 adalah contoh dari hp Xiaomi.
  3. Kemudian pilih menu “Tambahkan akun”.
  4. Selanjutnya, karena kita ingin buat email, pilih “Google”.
  5. Pada halaman login, langsung saja Masukkan alamat email yang baru saja dibuat dan klik tombol “Berikutnya”.
  6. Kemudian masukkan password dan ikuti petunjuk-petunjuk dari Google

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

Advertisements
Apakah Wajib Menambahkan Nomor Telepon?

Secara default, Google tidak akan meminta nomor telepon, kecuali perangkat yang digunakan sudah terlalu sering mendaftar Gmail di hari yang sama, menggunakan jaringan internet yang mencurigakan dan beberapa alasan keamanan lain. Silahkan coba HP lain untuk mendaftar jika Google meminta nomor telepon.

Apakah Gmail dan email itu sama?

Sama. Gmail adalah nama merk dari sebuah layanan email gratis dari Google. Jadi ketika Anda buat Gmail, secara otomatis Anda juga telah membuat email.

Apa itu Gmail?

Gmail adalah layanan email gratis dari Google yang harus diakses menggunakan akun Google. Dengan akun Google, kita bisa mendapatkan berbagai macam layanan gratis seperti Gmail, YouTube, Play Store, Drive dan lain-lain.

Bolehkah Memiliki Alamat Email Lebih dari Satu?

Jika yang ditanyakan adalah email Gmail, maka jawabannya boleh. Bahkan di aplikasi Gmail sendiri terdapat fitur “Tambahkan akun” agar user bisa buat akun Google Mail lebih dari satu kali.

Apakah Gmail Bisa Mengirim ke Email Yahoo?

Bisa. Gmail bisa mengirim dan menerima email dari layanan email lainnya, termasuk Yahoo.

Apakah Gmail Bisa diHack?

Bisa jika Anda membuat kata sandi yang terlalu mudah ditebak. Jadi, ganti password Gmail Anda dengan sandi yang susah ditebak. Kemudian jangan pernah memasukkan kata sandi Anda ke website selain Gmail, karena banyak di luaran sana yang mencoba mencuri data email menggunakan metode pishing.